Tips Mengatasi Lampu Motor Redup Menjadi Lebih Terang

Tips Mengatasi Lampu Motor RedupTentu kita sadari mengendarai motor di malam hari dengan kondisi lampu depan motor kurang terang sangatlah tidak nyaman, selain itu akan sangat berbahaya bagi kita ataupun pengendara lain dari arah yang berbeda. Lampu merupakan sistem penerangan yang sangat penting bagi kita baik itu di siang dan malam hari ataupun saat cuaca yang mendung. Disamping menjadi sumber penerangan, lampu juga memiliki fungsi yang lain yaitu sebagai peringatan atau isyarat maka dari itu kita perlu memperbaiki lampu motor kita yang redup ataupun mati sebelah sebelum motor digunakan untuk berkendara. Selain mengakibatkan pandangan jalan yang tidak jelas, lampu motor kurang terang akan sangat berbahaya dalam kondisi turun hujan. Untuk itu mari kita coba atasi masalah lampu motor redup dengan cara membuat lampu motor lebih terang di bawah ini.

Berikut ini beberapa Tips Mengatasi lampu motor redup menjadi lebih terang

1. Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang dengan Resistor

Cara membuat lampu motor lebih rerang dengan resistor di sini adalah dengan memasangkan sebuah resistor 680 ohm/1 watt pada kabel spull lampu dari generator menuju kiprok. Cara ini akan menghasilkan tegangan yang masuk ke dalam lampu menjadi sekitar 15 volt karena tegangan yang dihasilkan oleh generator dengan yang masuk ke dalam kiprok tidaklah sama. Alhasil tegangan yang masuk ke dalam kiprok akan lebih rendah sehingga regulasi tegangan yang terjadi akan lebih besar dari yang seharusnya.

Nyala lampu akan lebih terang karena tegangan yang dihasilkan adalah lebih besar. Disini kita masih dapat membuat lampu motor menjadi lebih terang lagi dengan cara mengganti resistor dengan tegangan yang lebih besar namun perlu kita ingat bahwa semakin besar tegangan yang digunakan maka lampu motor juga akan cepat mati karena terlalu panas. Untuk mensiasati hal tersebut cara yang paling pas adalah dengan menggunakan variable resistor yang berjenis potensio. Dengan begitu kita hanya perlu memutar potensio untuk mendapatkan tegangan yang kita inginkan.

2. Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang dengan Relay

Cara kerja relay yang sebagai saklar elektromagnetik sangat cocok digunakan untuk dapat membuat lampu motor lebih terang dibanding sebelumnya. Perlu kita ketahui sebuah relay mempunyai dua bagian, yaitu elektro magnet dan Contact Point yang terdapat 4 sisi sehingga kedua sisi akan terhubung dengan elektro magnet dan sisi lainnya lagi dengan Contact Point. Saran kami cobalah untuk menggunakan relay agar dop motor tidak cepat panas. Berikut cara membuat lampu motor lebih terang dengan relay :

Cara Menggunakan Relay untuk Menambah Penerangan Lampu Motor

  • Pertama – tama siapkan 2 buah relay terlebih dahulu.
  • Setelah itu hubungkan terminal 30 ke positif aki motor (dapat kita ambil dari kabel sebelum saklar utama lampu kepala).
  • Kemudian sambungkan terminal 87 ke terminal lampu utama dengan jarak yang dekat.
  • Hubungkan terminal 85 pada kabel saklar jarak dekat (jangan lupa kabel jarak dekat yang menuju lampu dipotong).
  • Lalu hubungkan lagi terminal 86 ke bagian negative.
  • Dan lakukan cara diatas pada relay yang ke 2 untuk lampu jarak jauh.

3. Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang dengan Dioda

Cara membuat lampu motor lebih terang dengan biaya yang murah adalah dengan menggunakan sebuah dioda karena fungsi dari dioda adalah menyimpan arus listrik lalu melepaskannya sehingga lampu bisa nyala lebih terang. Dimana untuk mengaplikasikannya tidaklah sulit, kita cukup menggunakan 4 dioda yang berukuran 6 ampere. Berikut cara pemasangannya :

  • Dioda ukuran 6 ampere tadi dijadikan sebuah rangkaian paralel dan disambungkan pada arus positifnya kedalam kontak dan kutub negatifnya ke dalam fiting lampu.
  • Kabel negatif yang berada di fiting lampu, harus diputus terlebih dahulu dan diganti kabel yang dari rangkaian dioda tadi.

4. Cara Membuat Lampu Motor AC Lebih Terang

Mengganti bohlam lampu dengan bohlam yang memiliki watt lebih rendah dibanding bawaan pabrik adalah cara yang paling aman membuat lampu motor lebih terang jika motor anda memiliki sistem kelistrikan AC. Bohlam bawaan pabrik biasanya memiliki daya 35 watt, 12 volt, maka kita dapat mengganti dengan bohlam motor yang berukuran 25 watt/12 volt.

5. Cara Membuat Lampu Motor DC Lebih Terang

Berbeda halnya dengan sistem kelistrikan AC, jika motor anda menggunakan sistem kelistrikan DC, maka sebaiknya cara yang paling aman dan mudah adalah dengan mengganti bohlam tersebut dengan daya/watt yang lebih tinggi dibanding bawaan pabrik.

Demikian artikel kami kali ini yang baru saja mengulas tentang bagaimana cara kita memperbaiki lampu motor yang kurang terang tersebut. Semoga artikel diatas dapat membantu kita semua untuk menyelesaikan masalah lampu motor yang redup namun sebelum kita mencoba cara diatas alangkah lebih baiknya jika kita mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada orang yang ahli dibidangnya. Sekian dan terima kasih ..