Penyebab Mesin Motor Panas Berlebihan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mesin Motor Panas BerlebihanKali ini Kita akan membahas Penyebab Mesin Motor Panas Berlebihan Dan Cara Mengatasinya. Pada umumnya panas nya mesin motor itu timbul secara perlahan nih, tetapi pernahkah agan mengalami mesin motor cepet panas begitu cepat padahal baru saja keliling komplek tapi cepet panas pasti pernah mengalaminya kan, berikut ini beberapa penyebab mesin motor cepet panas, nah jika mesin panas ini di biarkan begitu saja mungkin dapat mengakibatkan motor agan tidak bisa jalan lagi harus service ke dealer mungkin. ini lah tanda tanda mesin overheat sebagai berikut :
1. Motor kehilangan tenaga wah kalo di biarkan mungkin akan memperbaikinya makan waktu banyak dan dana pun lebih besar keluarnya.
2. Muncul bau gosong di area mesin motor hehe pastinya ga enak banget kan lagi enak ngendarain eh bau gosong

Selain di atas ada penyebab lainnya gan yang lebih efektif

3. Memilih oli mesin yang bukan dari dealer

Memilih Oli mesin stadarnya sendiri termasuk disesuaikan pada suatu negara dimna motor dipakai. Lebih baik ikut peraturan oli rekomendasi dari dealer motor tersebut dari pada entar motor terjadi masalah kan bahaya gan, biasanya sudah disesuaikan dengan motor yang di produksi dinegara tersebut, silahkan saja memakai oli lain yang spesifikasinya sama, asalkan memiliki kode SAE yang dikremendasi pabrik yang sama. Oli tidak tepat juga akan lebih cepat mendeposit kerak pada ruang pembakaran, dan ini adalah penyebab utama nih dari kerusakan pistonnya, pastinya membuat mesin cepet panas maka dari itu di anjurkan beli oli yang sudah di rekomendasikan dari dealernya saja.

4. Busi yang sudah aus

Busi yang sudah aus biasanya nih percikan api yang dihasilkan tidak besar, sudah tidak stabil, terkadang keluar percikannya kadang tidak keluar, busi terlalu renggang atau rapat juga bisa menghasilkan pengapian yang buruk. Kerenggangan kutub busi normal kira kira selebar 3mm saja, coba cek dan bersihkan busi motor agan terlebih dahulu. Jika kondisi busi ada masalah sebenarnya gampang di kenali, misalnya suara mesin yang menggelitik hehe kaya manusia aja, performa mesin yang drop, mesin tersedat.

Ada dua jebis busi yaitu dingin dan busi panas. Busi dingin yaitu busi yang biasa di pakai motor sehari hari, sedangkan busi panas yaitu motor untuk keperluan balap drak motor. hal ini mengakibatkan pembakaran yang tidak sempurna pada busi panas maka dari itu di anjurkan busi bawaan pabrik aja gan.

5. Proses pembakaran

Proses pembakaran yang kurang maksimal bisa di akibatkan oleh beberapa faktor yaitu penyetalan timing/ setelan pengapian yang tidak pas. Maka dari itu di akibatkan bahan bakar yang sudah diproses oleh karburator terbakar sebelum waktunya gan, busi renggang atau terlalu rapet jadi pas tengah tengah saja hehe.
Penyetelan skpe dan angin angin karburator yang tidak tepat juga menyebabakan mesin cepet panas terlalu boros dan irit mengakibatkan kinerja mesin tidak sesuai dengan pasokan bensin yang di terima oleh karbu. Proses pembakaran/ penyetelan tidak tepat biasa mengakibatkan knalpot meldak meldak.
Bahan bakar yang tidak sesuai memenuhi standar pabrik juga bisa menyebabkan mesin cepet panas. Bahan bakar tidak bisa terbakar dengan sempurna, bahkan nih gan terbakar sendiri sebelum saatnya terbakar.

6. Seher dan Ring Seher

Seher dan ring seher telah aus juga bisa membuat cepet panas mesin motor tersebut. Komponen yang bernama piston adalah prosesnya mesin otomotif melalui piston inilah, bahan bakar di ubah untuk menjadi energi yang digunakan untuk menggerakkan sepeda motor. Kerusakan yang diakibatkan oleh ring piston, serta menumpukannya kerak pada blok silinder juga bisa mengakibatkan mesin cepet panas. Ausnya ring piston maka biasanya di tandai oleh knalpot mengeluarkan asep putih atau ngebul hahah.

7. Penyetelan Klep

Setelah klep juga harus tepat dan ada aturannya, setelah katub pada mesin biasa saja berubah dengan sendirinya karena keasuan. Untuk itulah mengapa selalu dianjurkan agar rajin tune up saja kedaraan anda secara berkala sesuai kilometer. Agar hal seperti ini segar diketahui dan diatasi, supaya keausan tidak brebet dan menjadi lebih parah, maka dari itu setelan katup mesin yang tidak tepat akan membuat asupan bahan bakar mejadi tidak sempurna, mengakibatkan mesin menjadi cepet panas banget.

Nah maka dari itu jika motor awet dan tidak cepet panas maka di anjurkan memakai bawaan pabrik saja jika tidak tau belinya dimna cari lah dealer terdekat atau bengkel pasti ada seperti busi dll. Sekian pembahasan Penyebab Mesin Motor Panas Berlebihan Dan Cara Mengatasinya, jika ada salah kata mohon maaf jika ada yang kurang tambahkan saja di komentar pasti admin akan menambahkan TERIMA KASIH.