Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Mobil Boros BBM

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Mobil Boros BBMDengan harga bahan bakar minyak khususnya jenis Premium menjadikan pengguna kendaraan harus cerdas dalam berkendara. Sebaiknya kita tidak hanya sekedar bisa mengendarai saja, tapi juga penting untuk memahami penyebab kendaraan menjadi boros.

BERIKUT  FAKTOR YANG WAJIB DIKETAHUI MENGAPA MOBIL MENJADI BOROS BBM :

  • Jenis Kendaraan

Apabila kegiatan kita sering di dalam kota dan membutuhkan waktu cepat sepeda motor sangat cocok. Tapi untuk keseharian dalam kota dengan keluarga paling banyak maka city car hatchback/sedan hingga low MPV akan sangat direkomendasikan. Tapi jika sering keluar kota maka mobil dengan kapasitas besar lebih dianjurkan untuk kenyamanan.

  • Jenis Bahan Bakar Minyak

Perlu diketahui bahwa kendaraan baru produksi mulai tahun 2000 sudah mempunyai standar kadar gas buang Euro 2 minimal. Hasilnya pabrikan membuat spesifikasi mesin dengan tingkat kompresi lebih tinggi supaya mesin lebih ramah lingkungan. Maka mobil ataupun motor dengan spesifikasi nilai kompresi 10:1 ke atas sudah wajib memakai  jenis BBM non-timbal minimal Pertamax. Pemakaian BBM yang tidak sesuai standar akan mempercepat umur pakai mesin dan tentunya boros BBM.

  • Kebiasaan Mengemudi Yang Salah

Faktor penyebab borosnya BBM kendaraan adalah gaya mengemudi. Gaya mengemudi hemat bahan bakar adalah menghindari proses akselerasi dan pengereman mendadak. Kombinasi kedua hal yang saling terkait ini sangat mempercepat sedotan bahan bakar.

  • Bobot Kendaraan

Beban yang dibawa kendaraan jangan sampai melebihi batas ketentuan agar tidak boros BBM.

  • Modifikasi

Melakukan modifikasi mobil perlu diperhatikan untuk bobot perubahannya, kita gunakan bahan-bahan yang ringan seperti fiber aja.

  • Ban

Ban atau kaki-kaki pada kendaraan punya peranan penting dan memiliki faktor yang besar dalam keiritan bahan bakar. Perhatikan tekanan ban dan akan lebih baik jika menggunakan nitrogen karena akan lebih ringan.

  •  Kelistrikan

Sistem kelistrikan standar kendaraan dari pabrik sudah cukup baik. Penurunan suplai listrik ke koil akan menyebabkan kendaraan menjadi boros karena sistem pengapian mesin menjadi berkurang.

  •  Oli Mesin

Ganti oli dengan rutin sehingga pelumasan mesin sempurna mobil akan berjalan dengan mulus. Jika kita jarang atau tidak rutin mengganti oli maka berakibat boros BBM

  • Malas Service dan Cuci Kendaraan

Jika mobil jarang dicuci maka kotoran yang menempel dan menumpuk di bagian roda hingga kebagian porosnya akan menjadi halangan dan beban mesin. Jadi jangan malas untuk mencuci kendaraan usai kehujanan.

 

  • Lokasi Parkir

Cari tempat parkir yang paling dekat dengan lokasi kegiatan kita, itu akan lebih irit BBM

Pada dasarnya semua mobil dengan tipe mesin apapun, membutuhkan perawatan berkala tak terkecuali mobil yang menggunakan karburator.