Cara Merawat Sendiri Mesin Mobil Injeksi Dengan Mudah

Cara Merawat Sendiri Mesin Mobil Injeksi Dengan MudahAda sedikit perbedaan dalam melakukan cara merawat mesin mobil injeksi, dan mungkin karena itulah banyak para pemiliki atau pengendara mobil injeksi kewalahan dalam melakukan perawatan mesin mobil injeksi. Sebenarnya, pada dasarnya setiap teknologi yang diciptakan di dunia ini tentu untuk mempermudah kita mannusia untuk menggunakannya termasuk cara merawatnya juga. Dalam hal ini teknologi mesin mobil linjeksi, mesin mobil injeksi ini tentu diciptakan untuk mempermudah kita dalam melakukan perawatan dan penggunaan. Setidaknya dalam cara merawat mesin mobil inijeksi ini tidak diperlukan lagi berbagai keribetan seperti penyetelan alat sendiri yang memerlukan alat khusus.

Namun demikian, meskipun teknologi karya manusia diciptakan untuk memudahkan segalanya, namun tetap memiliki celah dan kekurangan yang musti Anda perhatikan. Termasuk juga di dalam mesin mobil injeksi, Anda tetap harus memperhatikan berbagai cara merawat mesin mobil injeksi yang mudah dan sederhana untuk menjaga performa mesin mobil tetap prima dan nyaman ketika dikendarai. Lalu bagaimana sebenarnya cara merawat mesin mobil injeksi yang benar dan tepat, agar mesin menjadi awet. Apakah sama dengan cara merawat mesin pada umumnya, nah, untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca beberapa penjelasan yang lebih detail di bawah ini.

Berikut ini Beberapa tips Cara Merawat Mesin Mobil Injeksi

  1. Perawatan Terhadap Throttle Body

Komponen mobil yang satu ini sebenarnya tidak memerlukan penyetelan yang njlimet, namun yang dibutuhkan adalah harus selalu dikondisikan bersih. Dalam cara merawat mesin mobil matic, komponen ini berfungsi sebagai pengatur angin yang masuk ke dalam mesin mobil. Filter angin yang jarang dibersihkan akan menimbulkan gum atau jelaga hitam yang lengket didalam throttle body. Nahm jika gum ini dibiarkan saja tanpa dibersihkan, maka tentu saja ini akan mempengaruhi kinerja sensor throttle. Dan bahkan untuk yang parah bisa sampai membuat kepincangan pada putaran mesin.

Sedikit sulit memang untuk menghilangkan gum atau lem yang muncul ini. Namun Anda tak perlu khawatir, karena di toko otomotif sudah banyak tersedia pembersih untuk menghilangkan kotoran tersebut. Jadi Anda bisa menggunakan cairan khusus ini untuk membersihkan kotoran atau gum yang membandel ini.

  1. Perawatan Pada Sensor

Pada mesin mobil injeksi, terdapat banyak sekali sensor yang sangat penting. Anda juga harus bisa dan mengerti cara merawat mesin mobil injeksi ini termasuk di dalamnya juga merawat sensor yang ada. Sensor pada mesin mobil injeksi ini seperti sensor pengapian, throttle position, nosel injektor, idle dan suhu air pendingin, serta beberapa sensor yang lainnya. Yang sering membuat sensor ini menjadi kotor adalah biasanya keadaan suhu dan cuaca. Keadaan suhu dan cucaca yang lembab menimbulkan konektor kelistrikan seonsor menjadi kotor. Kotoran berbentuk kerak ini akan menghalangi sinyal yang dikirim pada ECU.

Jika ada gangguan pada komponen ini, tanda gangguan yang paling ringan adalah mesin bisa mbrebet dan bahkan bisa juga membuat mesin mobil mati. Sebenarnya cara untuk mengatasi gangguan ini cukup sederhana. Anda bisa melakukan pembersihan pada konektor yang kotor. Ada beberapa pembersih khusus yang memang digunakan untuk membersihkan komponen ini. Pembersih berwujud cairan kimia tersebut bisa membersihkan kerak yang ditimbulkan dari proses mesin itu. Anda bisa mendapatkan cairan ini di toko-toko otomotif terdekat.

  1. Perawatan Pada Filter Bensin Dan Udara

Cara merawat mesin mobil injeksi selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan pada filter bensin. Karena jika filter bensin tersumbat dapat menyebabkan suplai bensin menjadi tidak lancar. Dan ini tentu saja akan mempengaruhi performa mesin mobil Anda. Pembersihan pada filter ini sebaiknya dilakukan setiap jarak 20.000 km dan terus dengan kelipatannya. Selain itu, kondisi tangki bensin yang sering tidak terisi penuh juga bisa menyebabkan percepatan kotoran yang bisa menyumbat saringan.

Selain itu, pada saringan udara juga memerlukan perhatian yang lebih serius. Karena biasanya pada komponen ini sering terlupakan sehingga bisa berakibat buruk pada mesin mobil Anda. ALiran angin yang terhalangi juga bisa mempengaruhi kerja mesin secara signifikan.

  1. Perawatan Pada Terminal Aki

Cara merawat mesin mobil injeksi selanjutnya adalah perawatan mesin mobil pada terminal aki. Bisa dikatakan bahwa nyawa dari mesin mobil injeksi adalah terletak pada pasokan yang stabil tanpa adanya gangguan. Agar suplai tegangan pada ECU dan sensor bisa berjalan tetap normal saat pertama kali mesin dinyalakan, maka kita harus menjaga altrenator dan keadaan aki. Bukan saja memriksa pada vlume air aki saja, namun juga kita harus memeriksa terminalnya yang harus bebas dari kotoran atau kerak. Suplai tegangan yang tersendat, bisa membuat kemampuan ECU serta mesin mobil menjadi tidak normal pada saat Anda menyalakannya pertama kali.

Yang harus Anda lakukan untuk cara merawat mesin mobil injeksi adalah dengan membersihkan terlebih dahulu terminal aki menggunakan cairan penetran semprot. Selain itu, Anda juga harus menjaganya dengan gemuk pelumas agar tidak cepat memunculkan kerak berwarna putih pada terminal aki. Dan perlu Anda pahami bahwa sebaiknya jangan melepas terminal aki apalagi pada mobil dengan mesin jenis injeksi. Karena mesin mobil injeksi ini dilengkapi dengan teknologi canggih bernama immobilizer. Karena melepas terminal aki terlalu lama bisa mengunci ECU yang akan kunci pembukanya hanya ada pada bengkel resmi saja.

  1. Perawatan Pada Busi

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk cara merawat mesin mobil injeksi adalah dengan melakukan perawatan pada busi mobil. Busi yang ada pada mesin mobil injeksi harus dalam keadaan bersih selalu untuk menunjang mesin mobil injeksi bisa berjalan dengan sempurna. Tidak perlu mengganti jika memang elektrode masih dalam kondisi yang tebal atau tidak tipis. Cara membersihkan busi ini cukup sederhana, yaitu cukup dengan menggunakan kawat untuk mengikis kerak yang ada pada busi mesin mobil injeksi. Dan misalnya harus melakukan penggantian busi,maka sebaiknya beli busi yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil Anda. Karena jika Anda memaksa membeli busi lain yang tidak sesuai dengan saran dari pabrikan, maka akan menyebabkan resistensi busi dan tentu saja ini akan menimbulkan masalah pada mesin mobil Anda.

 

Nah kawan-kawan semua, itulah beberapa cara merawat mesin mobil injeksi yang harus Anda perhatikan dengan seksama. Semoga artikel mengenai cara merawat mesin mobil injeksi di atas benar-benar bermanfaat untuk Anda. Sehingga tentu saja mesin mobil injeksi Anda akan bisa bertahan lama dan awet serta tetap nyaman saat dikendarai.